Mulai Tahun Akademik 2014/2015 ini diselenggarakan Learning Skills and Information Technology (LSIT) Workshop untuk mahasiswa baru Program Studi Sastra Inggris. Dengan diselenggarakannya LSIT Workshop ini diharapkan mahasiswa memiliki learning skills dan kemahiran memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk menjamin efektivitas proses pembelajaran di Program Studi Sastra Inggris.
Dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam LSIT Workshop 2014 dapat secara kolektif melaporkan, memberi komentar, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan usulan dalam LSIT-2014 Collective Journal (untuk memperoleh editing and commenting privileges sila ajukan sharing request ketika mengakses dokumen tersebut atau kirim email ke adipurwawidjana[at]mail.unpad.ac.id)
LSIT Workshop selanjutnya direncanakan akan diselenggarakan dengan strategi umum berikut.
- Kegiatan Learning Skills & Information Technology (LSIT) dilaksanakan di setiap awal semester ganjil pada tahun akademik baru untuk mahasiswa baru.
- Jika ada mahasiswa baru yang berhalangan mengikuti LSIT, mahasiswa tersebut diwajibkan mengikuti LSIT pada tahun ajaran berikutnya.
- Mahasiswa yang mengikuti LSIT diberikan Sertifikat tanda telah menempuh LSIT secara penuh.
- Mahasiswa lama dapat mengikuti LSIT sesuai dengan rekomendasi dari Dosen Wali.
- Mahasiswa lama dapat mengajukan diri untuk sit-in dalam LSIT Tahun Akademik 2014 agar dapat memenuhi syarat dalam seleksi asisten pelaksanaan LSIT berikutnya.
- Mahasiswa lama dapat mengajukan diri untuk mejadi asisten dalam pelaksanaan LSIT.
- Mahasiswa lama yang yang menjadi asisten dalam pelaksanakan LSIT diberikan sertifikat penghargaan
Untuk tahun ini jadwal LSIT Workshop adalah sebagai berikut.
Hari, Waktu, Ruang | Kegiatan | Capaian Pembelajaran |
Rabu 20 Agustus 2014 |
||
13.00-15.00 | Gambaran Umum Keilmuan sesuai Visi dan Misi Program Studi serta Profil Lulusan
Pengisian KRS |
Mahasiswa mampu menjelaskan Visi dan Misi Program Studi, Wilayah Keilmuan yang tercakup, menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan lulusan, dan menyatakan kesesuaian diri sebagai mahasiswa Program Studi Sastra Inggris. |
Senin 25 Agustus 2014 |
||
07.30-09.10 Aula Gedung D |
Penggunaan Teknologi Informasi Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan fasilitas teknologi informasi yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya kelak. |
09.20-11.00 Aula Gedung D |
Overview Kegiatan Lab Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan fasilitas Laboratorium Bahasa yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya, terutama untuk MK yang dilaksanakan di Lab Bahasa. |
12.30-14.10 C3.11 |
Literasi Informasi Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis informasi yang tersedia di berbagai literatur dan media, menggunakan informasi tersebut untuk mengatasi permasalahan sesuai dengan kasus yang diberikan, dan menentukan informasi yang paling relevan dan signifikan. |
14.20-16.00 C3.11 |
Pemanfaatan Perpustakaan Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan fasilitas perpustakaan Sastra Inggris (Resource Centre for Literary Studies and Linguistic Research) yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya kelak. |
Selasa 26 Agustus 2014 |
||
07.30-09.10 Aula Gedung D |
Learning Motivation: Why do we learn?
Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyatakan kesadaran akan pentingnya meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris dan mengembangkan pengetahuan di bidang linguistik, kesusastraan, dan kajian budaya, khusus yang dalam lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. |
09.20-11.00 Aula Gedung D |
Folder and Time Management Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mengelola waktu dan kegiatan belajar; membuat sistem pengelolaan waktu, kegiatan, dan bahan belajar untuk satu hari; menyatakan kesadaran akan pentingnya pengelolaan semacam itu. |
12.30-14.10
Aula Gedung D |
Proses dan Model Pembelajaran Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan ragam model pembelajaran yang lazim dilaksanakan di perguruan tinggi, berpartisipasi dalam proses pembelajaran tersebut, dan menilai metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan dirinya. |
14.20-16.00 Aula Gedung D |
Design Thinking Materi:
|
Mahasiswa mampu memaparkan kerangka berpikirnya dalam memandang kasus yang diberikan, membuat diagram alur (flowchart) dalam menganalisis kasus tersebut atau merancang sebuah proses, dan menilai efektivitas rancangannya tersebut. |
Rabu 27 Agustus 2014 |
||
07.30-09.10 Aula Gedung D |
Metode Student-Centred Learning Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan jenis kegiatan pembelajaran dalam metode SCL; berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar metode SCL; dan menyatakan kesadaran akan pentingnya pembelajaran dengan metode SCL. |
Aula Gedung D |
Learning Skills in SCL Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis ketrampilan belajar dalam metode SCL; menerapkan ketrampilan tersebut dalam kegiatan belajar metode SCL; dan menyatakan menilai kemampuan diri dalam menerapkan ketrampilan belajar dalam metode SCL |
12.30-14.10 Aula Gedung D |
Metode Problem-Based Learning Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan jenis kegiatan pembelajaran dalam metode PBL; berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar metode PBL; dan menyatakan kesadaran akan pentingnya pembelajaran dengan metode PBL. |
Aula Gedung D |
Learning Skills in PBL Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis ketrampilan belajar dalam metode PBL; menerapkan ketrampilan tersebut dalam kegiatan belajar metode PBL; dan menyatakan menilai kemampuan diri dalam menerapkan ketrampilan belajar dalam metode SCL |
Kamis 28 Agustus 2014 |
||
07.30-09.10 Aula Gedung D |
Overview Contract Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan komponen kontrak belajar, mengajukan penawaran untuk kontrak belajar, dan mempertimbangkan berbagai alternatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan kontrak belajaryang disepakati. |
09.20-11.00
Aula Gedung D |
Komunikasi dan Etika dalam Lingkungan Akademik Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan konsep komunikasi dan etika dalam lingkungan akademik, menilai komunikasi dan etika dalam lingkungan akademik, serta mempraktekkan cara komunikasi dan etika yang baik dalam lingkungan akademik. |
12.30-14.10 Aula Gedung D |
Seven Jumps Tutorial Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah dalam seven jumps tutorial, menggunakan seven jumps tutorial dalam kasus kasus PBL, dan mempertimbangkan kelebihan metode tersebut dalam proses pembelajaran. |
14.30-16.00 Aula Gedung D |
Reference Management Materi:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi reference managament, membuat manajemen sederhana untuk literatur yang dimiliki, dan menilai manfaat dari proses manajemen literatur tersebut |
Jumat 29 Agustus 2014 |
||
08.30-11.00 | Evaluasi dan Pengisian Kuesioner Materi:
|