LSIT Workshop 2014

Mulai Tahun Akademik 2014/2015 ini diselenggarakan Learning Skills and Information Technology (LSIT) Workshop untuk mahasiswa baru Program Studi Sastra Inggris. Dengan diselenggarakannya LSIT Workshop ini diharapkan mahasiswa memiliki learning skills dan kemahiran memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk menjamin efektivitas proses pembelajaran di Program Studi Sastra Inggris.

Dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam LSIT Workshop 2014 dapat secara kolektif melaporkan, memberi komentar, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan usulan dalam LSIT-2014 Collective Journal (untuk memperoleh editing and commenting privileges sila ajukan sharing request ketika mengakses dokumen tersebut atau kirim email ke adipurwawidjana[at]mail.unpad.ac.id)

LSIT Workshop selanjutnya direncanakan akan diselenggarakan dengan strategi umum berikut.

  1. Kegiatan Learning Skills & Information Technology (LSIT) dilaksanakan di setiap awal semester ganjil pada tahun akademik baru untuk mahasiswa baru.
  2. Jika ada mahasiswa baru yang berhalangan mengikuti LSIT, mahasiswa tersebut diwajibkan mengikuti LSIT pada tahun ajaran berikutnya.
  3. Mahasiswa yang mengikuti LSIT diberikan Sertifikat tanda telah menempuh LSIT secara penuh.
  4. Mahasiswa lama dapat mengikuti LSIT sesuai dengan rekomendasi dari Dosen Wali.
  5. Mahasiswa lama dapat mengajukan diri untuk sit-in dalam LSIT Tahun Akademik 2014 agar dapat memenuhi syarat dalam seleksi asisten pelaksanaan LSIT berikutnya.
  6. Mahasiswa lama dapat mengajukan diri untuk mejadi asisten dalam pelaksanaan LSIT.
  7. Mahasiswa lama yang yang menjadi asisten dalam pelaksanakan LSIT diberikan sertifikat penghargaan

Untuk tahun ini jadwal LSIT Workshop adalah sebagai berikut.

Hari, Waktu, Ruang Kegiatan Capaian Pembelajaran
Rabu
20 Agustus 2014
13.00-15.00 Gambaran Umum Keilmuan sesuai Visi dan Misi Program Studi serta Profil Lulusan

Pengisian KRS

Mahasiswa mampu menjelaskan Visi dan Misi Program Studi, Wilayah Keilmuan yang tercakup, menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan lulusan, dan menyatakan kesesuaian diri sebagai mahasiswa Program Studi Sastra Inggris.
Senin
25 Agustus 2014
07.30-09.10
Aula Gedung D
Penggunaan Teknologi Informasi
Materi:

  1. Akses Internet di Kampus FIB: Lokasi Wifi, Paus, Pintas, Pacis
  2. Situs Unpad, FIB, Sastra Inggris, Gemasi, milis infoenglishunpad, Fanpages di Facebook, Twitter
  3. Situs penting: etymonline.com, libgen.info, archives.org, luminarium.org, etc.
  4. Penggunaan search engines
  5. Menggunakan fasilitas blog, file-sharing, email, chat, dsb.
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan fasilitas teknologi informasi yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya kelak.
09.20-11.00
Aula Gedung D
Overview Kegiatan Lab
Materi:

  1. Jenis dan Lokasi Laboratorium di FIB
  2. Peraturan penggunaan Laboratorium
  3. Fasilitas dan Jenis Kegiatan di Laboratorium: recording, playback, pair-work, group-work.
  4. Meningkatkan kemahiran berbahasa dengan teknologi multimedia
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan  fasilitas Laboratorium Bahasa yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya, terutama untuk MK yang dilaksanakan di Lab Bahasa.
12.30-14.10
C3.11
Literasi Informasi
Materi:

  1. Jenis-jenis informasi
  2. Jenis-jenis media yang menyajikan informasi: tulisan, cetak, digital, lisan, lain-lain.
  3. Cara menggunakan informasi sesuai kebutuhan

 

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis informasi yang tersedia di berbagai literatur dan media, menggunakan informasi tersebut untuk mengatasi permasalahan sesuai dengan kasus yang diberikan, dan menentukan informasi yang paling relevan dan signifikan.
14.20-16.00
C3.11
Pemanfaatan Perpustakaan
Materi:

  1. Fasilitas Perpustakaan/Pusat Informasi yang ada di Unpad, FIB, Prodi.
  2. Perpustakaan lain yang relevan (ITB, Maranatha, UPI, UI, KWA-UI, KG-UI)
  3. Sejarah Perpustakaan Sastra Inggris/RCLRS
  4. Fasilitas yang tersedia di RCLRLS: online catalogue, reserved items, study aides, etc.
  5. Aturan penggunaan RCLRS
  6. Tawaran menjadi pustakawan/RC-Technician
Mahasiswa mampu menjelaskan, menggunakan, dan mempertimbangkan penggunaan  fasilitas perpustakaan Sastra Inggris (Resource Centre for Literary Studies and Linguistic Research) yang tersedia di Fakultas Ilmu Budaya – Unpad untuk mendukung proses pembelajarannya kelak.
Selasa
26 Agustus 2014
07.30-09.10
Aula Gedung D
Learning Motivation: Why do we learn?

Materi:

  1. Ragam alasan orang belajar
  2. Ragam alasan orang menempuh pendidikan di perguruan tinggi
  3. Gunanya mengembangkan wawasan melalui pendidikan tinggi di bidang humaniora khususnya English
  4. Manfaat ketrampilan berkomunikasi efektif dan berpikir kritis di berbagai bidang kerja dan industri
  5. English studies dan perubahan sosial-politik
  6. Tokoh-tokoh di berbagai bidang yang berlatarbelakang sastra Inggris
  7. “What do you want in life?” “Who do you want to be like?”
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyatakan kesadaran akan pentingnya meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris dan mengembangkan pengetahuan di bidang linguistik, kesusastraan, dan kajian budaya, khusus yang dalam lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris.
09.20-11.00
Aula Gedung D
Folder and Time Management
Materi:

  1. Jenis-jenis kegiatan, dokumen, dan informasi dalam kehidupan mahasiswa
  2. Membuat jadwal pribadi untuk satu hari, satu minggu, dan satu semester
  3. Menyeleraskan kegiatan pribadi, kegiatan kurikuler, dan kegiatan lain.
  4. Menggunakan fasilitas teknologi informasi dalam mengelola waktu dan informasi

 

Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mengelola waktu dan kegiatan belajar; membuat sistem pengelolaan waktu, kegiatan, dan bahan belajar untuk satu hari; menyatakan kesadaran akan pentingnya pengelolaan semacam itu.
12.30-14.10

Aula Gedung D

Proses dan Model Pembelajaran
Materi:

  1. Ragam Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi
  2. Teacher-Centred Learning
  3. Student-Centred Learning
  4. Problem-Based Learning
  5. Cooperative Learning
  6. Collaborative Learning
  7. Project-Based Learning
  8. Kesesuaian model tertentu dengan MK tertentu.
  9. “What do you prefer?” “What doesn’t suit you?”
Mahasiswa mampu menjelaskan ragam model pembelajaran yang lazim dilaksanakan di perguruan tinggi, berpartisipasi dalam proses pembelajaran tersebut, dan menilai metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan dirinya.
14.20-16.00
Aula Gedung D
Design Thinking
Materi:

  1. Mengidentifikasi masalah
  2. Mengelola masalah: diagram pohon, clustering
  3. Menentukan tujuan dan capaian
  4. Merancang proses dan prosedur dengan menggunakan diagram alur
  5. Komponen-komponen diagram alur
  6. Mengunakan teknologi informasi dalam mendukung proses
Mahasiswa mampu memaparkan kerangka berpikirnya dalam memandang kasus yang diberikan, membuat diagram alur (flowchart) dalam menganalisis kasus tersebut atau merancang sebuah proses, dan menilai efektivitas rancangannya tersebut.
Rabu
27 Agustus 2014
07.30-09.10
Aula Gedung D
Metode Student-Centred Learning
Materi:

  1. Pengertian Student-Centered Learning
  2. Implementasi Student Centered-Learning: implikasi SCL terhadap desain kurikulum, metode pembelajaran, dan Sistem Penilaian
  3. Metode SCL dalam pembelajaran Sastra, dan Linguistik. Untuk pembelajaran Sastra, misalnya, mahasiswa secara mandiri menyediakan argumentasi atau penjelasan atas materi yang diberikan, yang terkait kajian karya fiksi maupun non-fiksi.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan jenis kegiatan pembelajaran dalam metode SCL; berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar metode SCL; dan menyatakan kesadaran akan pentingnya pembelajaran dengan metode SCL.
  1. 20-11.00

Aula Gedung D

Learning Skills in SCL
Materi:

  1. Pengertian Learning Skills in SCL
  2. Jenis-jenis Learning Skills: Reading, Summarizing, Questioning, and Referencing Skills
  3. Planning
  4. Time Management
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis ketrampilan belajar dalam metode SCL; menerapkan  ketrampilan tersebut dalam kegiatan belajar metode SCL; dan menyatakan menilai kemampuan diri dalam menerapkan ketrampilan belajar dalam metode SCL
12.30-14.10
Aula Gedung D
Metode Problem-Based Learning
Materi:

  1. Pengertian Problem-based Learning
  2. PBL in Literary and Linguistic studies
  3. PBL in Translation Studies
  4. PBL in Improvement of Language Competence
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan jenis kegiatan pembelajaran dalam metode PBL; berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar metode PBL; dan menyatakan kesadaran akan pentingnya pembelajaran dengan metode PBL.
  1. 20-16.00

Aula Gedung D

Learning Skills in PBL
Materi:

  1. Problem Identification
  2. Simulation
  3. Critical Reading
  4. Focus Group Discussion
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis ketrampilan belajar dalam metode PBL; menerapkan  ketrampilan tersebut dalam kegiatan belajar metode PBL; dan menyatakan menilai kemampuan diri dalam menerapkan ketrampilan belajar dalam metode SCL
Kamis
28 Agustus 2014
07.30-09.10
Aula Gedung D
Overview Contract
Materi:

  1. Apa itu kontrak?
  2. Mengapa perlu ada kontrak belajar?
  3. Apa efek dari adanya kontrak belajar?
  4. Apa saja komponen kontrak belajar?
  5. Meninjau beberapa silabus MK.

 

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan komponen kontrak belajar, mengajukan penawaran untuk kontrak belajar, dan mempertimbangkan berbagai alternatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan kontrak belajaryang disepakati.
09.20-11.00

Aula Gedung D

Komunikasi dan Etika dalam Lingkungan Akademik
Materi:

  1. Pengertian Komunikasi dan Etika dalam Lingkungan Akademik
  2. Komunikasi Efektif
  3. Etika dalam Lingkungan Akademik
  4. Manfaat Komunikasi Efektif dan Etika dalam kegiatan pembelajaran
  5. Menggunakan teknologi telekomunikasi dan informasi dalam berkomunikasi Etis di Lingkungan Akademik
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan konsep komunikasi dan etika dalam lingkungan akademik, menilai komunikasi dan etika dalam lingkungan akademik, serta mempraktekkan cara komunikasi dan etika yang baik dalam lingkungan akademik.
12.30-14.10
Aula Gedung D
Seven Jumps Tutorial
Materi:

  1. Konsep dasar Seven-Jump Tutorial dalam PBL
  2. Mengklarifikasi istilah dan konsep yang belum jelas
  3. Mengidentifikasi masalah
  4. Menganalisis masalah dan menawarkan penjelasan tentatif
  5. Membuat inventarisasi ragam penjelasan
  6. Merumuskan tujuan kegiatan pembelajaran
  7. Kegiatan mandiri mencari informasi
  8. Sintesis informasi baru dan meninjau ulang tujuan pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah dalam seven jumps tutorial, menggunakan seven jumps tutorial dalam kasus kasus PBL, dan mempertimbangkan kelebihan metode tersebut dalam proses pembelajaran.
14.30-16.00
Aula Gedung D
Reference Management
Materi:

  1. Uji coba identifikasi masalah dalam teks untuk kemudian menentukan kata kunci dalam mencari acuan-acuan yang dibutuhkan
  2. Mendata referensi yang sudah didapatkan dan memetakannya
  3. Menulis Annotated Bibliography
  4. APA, MLA, etc. referencing
  5. Dasar-dasar penggunaan aplikasi EndNote untuk menyusun Daftar Pustaka
  6. Seluk-beluk plagiarisme sebagai pelanggaran akademik
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi reference managament, membuat manajemen sederhana untuk literatur yang dimiliki, dan menilai manfaat dari proses manajemen literatur tersebut
Jumat
29 Agustus 2014
08.30-11.00 Evaluasi dan Pengisian Kuesioner
Materi:

  1. Komponen-komponen yang dievaluasi
  2. Format kuesioner
  3. Rentang penilaian
  4. Penafsiran nilai pengukuran
  5. Kolom kritik dan saran